Niat dan Doa Zakat Fitrah Arab dan Latin Beserta Artinya untuk Diri Sendiri, Anak Perempuan, Anak Laki-laki Arab, Orang Tua, dan Orang Lain: Panduan Lengkap

Zakat fitrah merupakan zakat yang wajib dikeluarkan oleh umat Muslim pada bulan Ramadan sebagai bentuk rasa syukur atas nikmat yang diberikan Allah SWT. Niat dan doa dalam membayar zakat fitrah sangat penting untuk memastikan bahwa zakat yang dikeluarkan sah sesuai dengan syariat Islam.


Untuk membantu Anda dalam membayar zakat fitrah, berikut ini adalah niat dan doa zakat fitrah dalam bahasa Arab dan Latin beserta artinya untuk diri sendiri, anak perempuan, anak laki-laki Arab, orang tua, dan orang lain.

Niat Zakat Fitrah untuk Diri Sendiri dan Artinya

أُوْجِدُ نَفْسِيْ فِيْ ذَلِكَ الْمَكَانِ الَّذِيْ أَنَا أَصْرِفُ فِيْهِ زَكَاةَ الْفِطْرِ شُكْرًا لِلّٰهِ عَزَّ وَجَلَّ

Ujidu nafsii fii dzaalikal makaanilladzii ana ashrofuu fiihi zakata al-fithri syukran lillahi 'azza wa jalla.

Artinya: Saya berniat untuk membayar zakat fitrah untuk diri sendiri di tempat di mana saya mengeluarkan zakat tersebut sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT.

Niat Zakat Fitrah untuk Anak Perempuan dan Artinya

أُوْجِدُ نَفْسِيْ فِيْ ذَلِكَ الْمَكَانِ الَّذِيْ أَنَا أَصْرِفُ فِيْهِ زَكَاةَ الْفِطْرِ عَنْ فُلَانَةُ ابْنَتِيْ شُكْرًا لِلّٰهِ عَزَّ وَجَلَّ

Ujidu nafsii fii dzaalikal makaanilladzii ana ashrofuu fiihi zakata al-fithri 'an fulanatun bintii syukran lillahi 'azza wa jalla.

Artinya: Saya berniat untuk membayar zakat fitrah untuk anak perempuan saya di tempat di mana saya mengeluarkan zakat tersebut sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT.

Berikut ini adalah teks niat zakat fitrah untuk anak laki-laki Arab dalam bahasa Arab:

أُوجِدُ نَفْسِي فِي هَذَا الْمَكَانِ الَّذِي أُخْرِجُ مِنْهُ زَكَاةَ الْفِطْرِ عَنْ ابْنِي الْعَرَبِيِّ، شُكْرًا لِلَّهِ عَزَّ وَجَلَّ.

Transliterasi: Ujedu nafsii fii haadza al-makaan alladzii ukhrij minhu zakata al-fithri 'an ibnii al-'arabiyyi, syukran lillahi 'azza wa jalla.

Niat Zakat Fitrah untuk Orang Tua dan Artinya

أُوْجِدُ نَفْسِيْ فِيْ ذَلِكَ الْمَكَانِ الَّذِيْ أَنَا أَصْرِفُ فِيْهِ زَكَاةَ الْفِطْرِ عَنْ وَالِدَيَّ شُكْرًا لِلّٰهِ عَزَّ وَجَلَّ

Ujidu nafsii fii dzaalikal makaanilladzii ana ashrofuu fiihi zakata al-fithri 'an waalidayya syukran lillahi 'azza wa jalla.

Artinya: Saya berniat untuk membayar zakat fitrah untuk orang tua saya di tempat di mana saya mengeluarkan zakat tersebut sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT.

Niat Zakat Fitrah untuk Orang Lain dan Artinya

أُوْجِدُ نَفْسِيْ فِيْ ذَلِكَ الْمَكَانِ الَّذِيْ أَنَا أَصْرِفُ فِيْهِ زَكَاةَ الْفِطْرِ عَنْ فُلَانٍ (nama orang yang diberikan zakat) شُكْرًا لِلّٰهِ عَزَّ وَجَلَّ

Ujidu nafsii fii dzaalikal makaanilladzii ana ashrofuu fiihi zakata al-fithri 'an fulanin (nama orang yang diberikan zakat) syukran lillahi 'azza wa jalla.

Artinya: Saya berniat untuk membayar zakat fitrah untuk orang lain di tempat di mana saya mengeluarkan zakat tersebut sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT.

Doa Menerima Zakat Fitrah

Allahumma taqabbal minni zakata al-fithri haadhaa bi-ridhaaka wa bishshawaabi nabiyyika Muhammadin shallallahu 'alaihi wa sallam.

Artinya: Ya Allah, terimalah zakat fitrah ini dari saya dengan keridhaan-Mu dan dengan syafaat Nabi-Mu Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam.

Demikianlah panduan lengkap mengenai niat dan doa zakat fitrah dalam bahasa Arab dan Latin beserta artinya untuk berbagai keperluan. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu Anda dalam membayar zakat fitrah dengan benar sesuai dengan ajaran agama Islam.

Post a Comment

© Jessica Grandia. All rights reserved. Distributed by Jeje